Jumat, 15 Juli 2011

cara membuat roti gandum (step by step )


Roti Tawar Gandum (Whole Wheat Bread) 
Resep diadaptasikan dari Blog Whole Wheat Bread Recipe

Untuk 1 loyang loaf

Bahan:
- 330 gram tepung gandum utuh (whole wheat)
- 220 ml air hangat
- 50 ml susu cair
- 6 sendok makan minyak zaitun
- 1 1/2 sendok teh garam halus
- 2 sendok teh ragi instan, pastikan masih fresh dan cek tanggal kedaluarsa
- 6 sendok makan madu atau bisa diganti dengan gula pasir

Cara membuat:
Siapkan mangkuk ukuran besar, tuangkan tepung gandum, tambahkan garam. Aduk dan pastikan garam tercampur rata dengan tepung. 


Dalam mangkuk terpisah campur air hangat, ragi instan, susu cair, minyak zaitun dan madu. Aduk hingga rata dan ragi larut. 



Buat lubang di tengah tepung, tuangkan cairan ragi ditengah-tengah tepung. Biarkan cairan terserap. Dengan menggunakan spatula aduk hingga semua cairan terserap dan tepung menjadi basah. 


Siapkan meja datar atau talenan, taburi dengan tepung. Lumuri tangan anda dengan sedikit minyak atau tepung dan mulailah anda menguleni adonan. Dengan menggunakan ujung jari angkat tepi adonan dan tarik ke tengah kemudian dorong adonan menjauhi badan anda dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Lakukan berulang kali dan rubah sudut adonan setiap kali anda menguleninya agar semua adonan mendapatkan perlakukan yang sama. Dengan menggunakan spatula plastik, kikis adonan yang lengket di permukaan meja/talenan. Uleni adonan hingga menjadi halus dan elastis. Jika ditarik adonan masih putus-putus maka teruskan kembali menguleni adonan. Adonan dianggap jadi jika terasa lembut dan mudah untuk dibentuk karena elastis. Karena tepung gandum utuh  maka adonan tidak se-elastis dan sehalus jika menggunakan tepung terigu. 


Bentuk adonan menjadi bola yang halus, olesi permukaannya dengan minyak zaitun. Letakkan di dalam mangkuk dan tutup permukaan mangkuk dengan plastik wrap atau kain bersih. Jika anda menggunakan kain maka pastikan mangkuk cukup tinggi sehingga ketika adonan mengembang tidak akan menempel di kain. Istirahatkan adonan selama +1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.


Kempiskan adonan dengan meninjunya, kemudian uleni kembali adonan selama + 15 menit. Lebarkan adonan dengan menekannya menggunakan telapak tangan dan ujung jari. Tekuk sisi kiri dan kanan adonan kemudian gulung adonan hingga menjadi satu gelondongan. Tekan-tekan dan rapikan sehingga adonan agak memanjang dan pas untuk dimasukkan ke dalam loyang loaf. Usahakan tinggi adonan merata dan seimbang. Masukkan adonan ke dalam loyang, tutupi permukaan loyang dengan plastik wrap atau kain bersih. Biarkan selama 30 - 60 menit atau hingga adonan mengembang dan naik kira-kira 13 cm dari permukaan loyang. 




Panaskan oven, set di suhu 200'C. Olesi loyang loaf dengan mentega 

Jika panas oven telah stabil + 15 menit.  Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan bakar selama + 50 menit, setelah 20 menit tutup permukaan roti dengan alumunium foil agar permukaannya tidak terlalu kecoklatan/gosong. Roti dianggap matang jika kita ketuk pada dasar roti maka terdengar seperti suara berongga atau kosong. 




Keluarkan roti dari oven, diamkan 5 menit kemudian keluarkan dari loyang dan dinginkan di rak kawat. Setelah dingin, potong-potong roti dengan menggunakan pisau yang tajam. Nah, roti siap anda santap dengan aneka selai atau... dibuat sandwich. Hmm, yummy!

Source:
Whole Wheat Bread Recipe - Whole Wheat Bread
Baking with Passion - Baker & Spice

Tidak ada komentar:

Posting Komentar